Kamis, 09 Maret 2017

KEUTAMAAN (Fadhilah) MEMBACA AL-QUR'AN

KEUTAMAAN (Fadhilah) MEMBACA AL-QUR'AN

1. Mendapat predikat sebagai sebaik-baiknya manusia

“Sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)

2. Pahalanya banyaaaakkk~

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Malaikat ga akan ragu mau membersamai para penghafal dan pembaca Al-Qur'an

“Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal, dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya, maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih)

4. Bisa memberikan hadiah mahkota untuk Ayah Ibu kita di akhirat nanti

“Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘Bagaimana dipakaikan kepada kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘Karena anakmu telah membawa al-Qur’an'”. (HR. Al-Hakim)

5. Al-Quran yang rutin kita baca akan memberikan syafa’at

“Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para pembacanya.” (HR. Muslim)

6. Ketenangan dan rahmat dari Allah akan hadir setelah kita membacanya

“Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah SWT, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya.” (HR. Abu Dawud)

7. Menentramkan hati para pembacanya

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar-Ra'd: 28)

8. Dapat menyembuhkan penyakit

“Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: Madu dan Al-Qur’an.” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud)

9. Pembaca Al-Qur'an dikaruniakan hatinya dengan cahaya oleh Allah SWT dan dipeliharanya dari kegelapan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA yang maksudnya: "Bahwa Rasulullah saw bersabda: 'Siapa yang mendengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (Al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahaya di hari kiamat.' ”

10. Pembaca Al-Qur'an memperoleh kedudukan yang tinggi dalam syurga

Dikatakan kepada pembaca al-Qur,an: “Bacalah (Al-Qur’an), naiklah (pada derajat-derajat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu hingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad)

11. Orang yang membaca Al-Qur'an seperti bersedekah

“Orang yang membaca Al-Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Qur’an secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i)

12. Al-Qur'an adalah cahaya ditengah kegelapan

Rasulullah bersabda, "Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al-Qur’an. Sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)

13. Ahlul Quran adalah keluarga Allah SWT

”Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia." Rasulullah lalu ditanya, "Siapa mereka wahai Rasulullah." Beliau menjawab, "Mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah... .” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

14. Masing-masing surat dalam Al-Qur'an memiliki keutamaan tersendiri

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (QS. Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur.” (HR. An Nasai dan Al Hakim)

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

Masya Allah, begitu banyaknya ya keutamaan apabila kita rutin membaca Al-Qur'an. Ini pun mungkin hanya beberapa saja yang sanggup mimin kumpulkan. Masih ada banyak keutamaan lain yang bisa sahabat cari sendiri.

Udah yuk, jangan ditunda-tunda lagi. Segera atur jadwal harian kita, luangkan waktu satu jaaam sajaaa~ untuk membaca Al-Qur'an. Lalu perhatikan perubahan apa yang akan terjadi.

💙

Tidak ada komentar:

Posting Komentar