Kamis, 09 Februari 2017

AKHLAK TERPUJI : " Teguh Pendirian"

AKHLAK TERPUJI : "Teguh Pendirian"

Akhlak terpuji disebut juga akhlakul mahmudah. Rasulullah SAW merupakan sosok teladan akhlak terpuji,sehingga beliau dijuluki uswatun hasanah. Sebagai umat beliau,maka sepantasnya kita pun meniru akhlak beliau. Di mana beliau senantiasa berperilaku terpuji.

Dalam Islam, teguh pendirian disebut juga dengan istiqamah,yang artinya tetap dan tidak berubah hati,serta memegang teguh apa yang menjadi pendapatnya. Istiqamah adalah lawan dari tughyan (penyimpangan atau melampaui batas).
Abu Bakar as Siddiq mengartikan istiqamah sebagai kemurnian tauhid (tidak boleh menyekutukan Allah dengan apa dan siapa pun). Umar bin Khattab R.A. menjelaskan istiqamah merupakan komitmen terhadap perintah dan larangan serta tidak boleh menipu sebagaimana tipuan musang. Usman bin Affan R.A. mengartikan istiqamah untuk mengikhlaskan amal hanya kepada Allah SWT. Ali bin Abi Thalib menjelaskan bahwa istiqamah adalah melaksanakan kewajiban-kewajiban.
Firman Allah SWT. :
"Maka tetaplah engkau (Muhammad) (di jalan yang benar), sebagaimana telah diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang bertaubat bersamamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sungguh, Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Hūd [11]: 112)
Ciri-ciri orang yang memiliki sikap istiqamah,di antaranya sebagai berikut:

  • Memegang teguh kebenaran.
  • Bersungguh-sungguh dalam beribadah.
  • Selalu memenuhi janjinya.
  • Ikhlas dalam melaksanakan ibadah.
Adapun cara beristiqamah,yaitu:

  1. Tidak berlebihan dalam melakukan suatu kegiatan.
  2. Beramal dengan sungguh-sungguh.
  3. Ikhlas dalam beramal
  4. Selalu mengikuti sunnah rasul.
Keutamaan istiqamah:

  1. Dicintai Allah dan rasul-Nya.
  2. Mendapat ketenangan hidup.
  3. Selalu optimis.
  4. Dikagumi oleh yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar