Kamis, 09 Februari 2017

KETAHUILAH : "Sebaik baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain"

SEBAIK BAIKNYA MANUSIA ADALAH YANG PALING BERMANFAAT UNTUK ORANG LAIN




"Sebagai baik sebagai orang yang baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain"
Sebagai orang yang hidup dalam masyarakat tentu saja kita selalu berhubungan dengan orang lain. Menjadi berguna untuk orang lain adalah hal yang sangat dianjurkan oleh agama. Shallallahu'alaihi Rasulullah SAW bersabda:
خير الناس أنفعهم للناس
"Sebaik Man Baik Apakah Paling Bermanfaat untuk Lainnya"
Hadis di atas menunjukkan bahwa Rasullullah mendorong umat Islam selalu jadi baik kepada orang lain dan makhluk lainnya. Ini merupakan indikator bagaimana menjadi seorang mukmin yang nyata. eksistensi manusia sebenarnya ditentukan oleh kemanfataannya di sisi lain. Apakah dia gunakan untuk orang lain, atau bahkan sebaliknya untuk yang lain untuk menjadi parasit.
Setiap tindakan itu akan dikembalikan kepada mereka yang melakukan. Seperti kita memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaat akan kembali ke kebaikan diri kita sendiri dan sebaliknya. Allah berfirman:
إن أحسنتم أحسنتم لأنفسكم
"Jika kamu berbuat baik, Anda benar-benar berbuat baik bagi dirimu sendiri" (QS Al-Isra: 7).
Tentu saja manfaat dalam hadits ini sangat luas. Manfaat termasuk tidak hanya keuntungan material, yang biasanya diwujudkan dalam bentuk properti atau aset dengan jumlah tertentu kepada orang lain. Manfaat yang bisa diberikan kepada orang lain dapat:
1. ILMU, baik ilmu agama dan umum ilmu / dunia;Manusia dapat memberikan manfaat kepada orang lain dengan pengetahuan yang mereka miliki. Bahkan, orang yang memiliki pengetahuan agama kemudian mengajarkan kepada orang lain dan membawa manfaat bagi orang dengan kedatangan bimbingan kepadanya, maka ini adalah sebuah keberuntungan yang sangat besar, lebih besar dari unta merah yang menjadi simbol kekayaan Arab.
ilmu pengetahuan umum yang diajarkan kepada orang lain juga merupakan bentuk kemanfaatan sendiri. Apalagi jika dengan pengetahuan bahwa orang lain mendapatkan kecakapan hidup (life skill), dan kemudian dengan keterampilan hidup yang ia mendapatkan nafkah untuk sarana ibadah dan menyediakan untuk keluarganya, maka hidup juga anaknya ke sekolah, dari sekolah anak dapat bekerja, mendukung keluarganya, dan sebagainya, maka ilmu pengetahuan menjadi hadiah abadi baginya.
"Jika seseorang meninggal, terputuslah amalnya kecuali tiga hal; shadaqah jariyah, ilmu
manfaat, dan anak-anak yang saleh yang berdoa untuk orang tua mereka "(HR. Muslim)
2. MATERIAL (Kekayaan / Wealth)
Manusia juga dapat memberikan manfaat untuk tetangga mereka dengan milik / kekayaan yang dimilikinya. Bentuknya bisa bermacam-macam. Secara umum harta yang dikeluarkan di jalan Allah disebut infaq. Infaq zakat wajib. Dan sunnah biasa disebut shodaqah. Memberikan manfaat dari properti juga bisa menjadi hadiah kepada orang lain. Tentu, semakin besar nilai kemanfaatannya adalah memberikan kepada yang paling membutuhkan.
3. DAYA / KEAHLIAN
Manfaat berikutnya adalah bentuk energi. Manusia dapat memberikan manfaat kepada orang lain dengan kekuatan yang ia miliki. Misalnya jika ada perbaikan jalan desa, kita bias memberikan manfaat dengan berkontribusi terhadap kerjasama yang saling menguntungkan. Ketika ada pembangunan masjid kami dapat membantu dengan energi kita juga. Ketika tetangga berjuang dengan masalah listrik sementara kami memiliki keahlian dalam hal itu, kita juga mampu untuk membantu dan memberikan kita manfaat dari keanggotaan.
4. SIKAP BAIK
Sebuah sikap yang baik kepada sesama juga termasuk kemanfaatan. Rasanya manfaat yang baik secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian Nabi memasuki senyum kepada orang lain sebagai shadaqah karena mengandung unsur kemanfaatan. Dengan senyum dan sikap yang baik, kami telah mendukung terciptanya lingkungan yang baik dan kondusif.
Semakin seseorang memberikan di atas lima hal kepada orang lain -tentunya orang tepat- tingkat yang lebih tinggi dari kegunaan kepada orang lain. Semakin tinggi manfaat dari satu orang ke orang lain, dia mendapatkan posisi tinggi sebagai manusia untuk "Best Man)".
Mari kita belajar dari fragmen dari kisah yang diceritakan kepada kami Muhammad bin Abdurrahman Asy-Syafi'i, mengatakan kepada kami Al-Qasim bin Hashim As-Samsar, katanya, telah mengatakan kepada kami Abdurrahman bin Qais Adl-Dlibbi, katanya, telah mengatakan kepada kami Sukain bin Siraj, mengatakan kepada kami Amr ibn Dinar, dari Ibnu Umar bahwa seorang pria datang kepada Nabi, maka ia bertanya:? "Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling dicintai oleh Allah Dan apakah amal yang paling dicintai oleh ? Allah SWT "Rasulullah SAW bersabda:" yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain ... "(. HR Thabrani dalam Mu'jam Al-Kabir li Ath-Thabrani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar